Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah Prodi Pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia profesi di bidang pendidikan dasar, baik Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun Sekolah Dasar (SD). Secara spesifik orientasi Prodi PGMI adalah guru MI, SD dan Peneliti Pendidikan Dasar, serta pemikir , Penulis dan Praktisi BK Pendidikan Dasar.
Visi
“Menjadi program studi yang menghasilkan guru madrasah ibdidaiyah yang kompeten, profesional, berakhak karimah dan memiliki keunggulan Berbasis Riset dan Kearifan Lokal tahun 2034 di tingkat regional.”
Misi
1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran yang berbasis teknologi dan bermutu sesuai standar penguruan tinggi sehingga menghasilkan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) yang kompeten, profesional dan berakhlak karimah.
2. Menyelenggarakan riset di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) yang mengedepankan keunggulan proses, output dan outcome berbasis kearifan lokal.
3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat berciri khas islami dan berbasis pada kearifan lokal guna menunjang keunggulan program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
4. Memperluas, membangun, dan mengokohkan jejaring kerjasama dengan program studi pada perguruan tinggi lain, perguruan tinggi keagamaan Islam lain, dan pemangku kepentingan (stakeholders) baik tingkat lokal, regional, dan nasional yang sinergis dan berkelanjutan.
5. Melaksanakan tata kelola (good governance) program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang akuntabel, bertanggung jawab dan profesional.
Tujuan
1. Menghasilkan guru lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) yang mampu merancang, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dasar dalam berbagai tingkat dan satuan pendidikan dengan berlandaskan kemutakhiran BAN-PT: Laporan Evaluasi Diri Program S1 PGMI STIT Madina 9 riset dan nilai-nilai kearifan lokal.
2. Menghasilkan produk penelitian di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) yang bermutu dengan berlandaskan kemutakhiran riset dan nilai-nilai kearifan lokal.
3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) yang
bermutu dengan berlandaskan kemutakhiran riset dan nilai-nilai kearifan lokal.
4. Memperluas, membangun, dan mengokohkan jejaring kerjasama dengan program studi pada perguruan tinggi lain, perguruan tinggi keagamaan
Islam lain, dan pemangku kepentingan (stakeholders) dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat pada tingkat lokal,
regional, dan nasional berlandaskan kemutakhiran riset dan nilai-nilai kearifan lokal.
5. Memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang bekerja sama dengan berbagai pihak guna meningkatkan tata kelola (good governance) program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang akuntabel, bertanggung jawab dan profesional.