PROFIL SINGKAT

DATA DAN INFORMASI
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MADINA SRAGEN (STITMAS)

Perguruan Tinggi : STIT MADINA SRAGEN
Alamat PS : Jl. Hos Cokroaminoto Gang 3 Teguhan, Sragen Wetan, Kec. Sragen, Kab. Sragen, Jateng, Kode POS 57214
No. Telepon PS : (0271) 8851888
No. Faksimili PS : (0271) 8851888
Homepage dan Email : www.stitmadinasragen.ac.id
stitmadinasrg@gmail.com
Nomor SK Pendirian : 380 Tahun 2013
Tanggal SK Pendirian : 21 – 02 – 2013
Pejabat yang Menerbitkan SK : Direktur Jenderal Pendidikan Islam
Bulan dan Tahun Dimulainya
Penyelenggaraab PS : Februari 2013
Nomor SK Izin Oprasional : 380 Tahun 2013
Tanggal SK Izin Oprasional : 21- 02 – 2013
Program Studi yang dikelola oleh STIT Madina Sragen:
1. S1 MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (MPI) Terakreditasi BAN PT “BAIK”.
2. S1 PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) Terakreditasi BAN PT “BAIK”.
3. S1 PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) Terakreditasi BAN PT “BAIK”.

PROFIL SINGKAT STITMAS

Perguruan tinggi merupakan salah satu wadah untuk mencerdaskan dan membentuk manusia yang berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT. Selain itu Perguruan Tinggi (PT) juga sebagai tempat untuk mengembangkan serta mendalami suatu kajian keilmuan baik secara teoritis maupun praktis sesuai dengan program studi/jurusan yang dimilikinya. Di era perkembangan zaman dewasa ini (globalisasi dan digitlisasi), dari tahun ke tahun kajian-kajian tersebut selalu  mengalami suatu peningkatan sebagai akibat kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dewasa ini, semua lembaga pendidikan berorientasi pada mutu. Lembaga pendidikan dikatakan “bermutu” jika “input”, ”proses” dan “hasilnya” dapat memenuhi persyaratan yang dituntut oleh pengguna jasa pendidikan. Jika performanya dapat melebihi persyaratan yang dituntut oleh stakeholder (user) maka dikatakan unggul. Karena tuntutan persyaratan yang dikehendaki oleh para pengguna jasa terus berubah dan berkembang kualitasnya, maka pengertian “mutu” juga dinamis, terus berkembang dan berada dalam persaingan yang terus menerus.

Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan yang juga lembaga kemasyarakatan berfungsi memenuhi kebutuhan pendidikan bagi masyarakat luas. Untuk memenuhi kebutuhan demikian itu, perguruan tinggi telah mempunyai pedoman kerja Tri Dharma Perguruan Tinggi. Seirama dengan gerak pembangunan dewasa ini, tentu perguruan tinggi dengan Tri Dharmanya dituntut peranan lebihnya dalam pembangunan manusia dan masyarakat.  Masing-masing Dharma mempunyai nilai dasar sendiri-sendiri dan pada akhirnya keterpaduan antara Tri Daya Kejiwaan (cipta, rasa dan karsa), Tri Darma (pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat) dan Tiga Nila Dasar (kekeluargaan, persamaan dan kemerdekaan) merupakan asas dasar yang menghantarkan perguruan tinggi guna memenuhi perananya dalam membangun manusia dan masyarakat. 

Oleh sebab itu sebuah perguruan tinggi dengan program studi yang ada di dalamnya setiap akhir ijin penyelenggaraannya diadakan evaluasi guna memperoleh progres report yang akurat guna mendapatkan ijin penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Adapun progres report itu meliputi : Aspek Akademik, Aspek Sumber Daya Manusia, Aspek Manajemen, Aspek Sarana dan Prasarana, dan Aspek Mahasiswa.

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madina Sragen (STITMAS) dalam rangka mendapatkan perpanjangan ijin penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia menyampaikan progres report pada Program Studi : 1) S1  Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 2) S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), dan 3) S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Admin.